Jadwal Kasada Bromo 2017

Advertisement

Jadwal Kasada Bromo 2017

Jadwal Kasada Bromo 2017 - Bromo Expedition

Jadwal Upacara Kasada 2017 | Upacara Kasada Bromo adalah sebuah ritual adat istiadat keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat suku Tengger dikawasan wisata gunung Bromo. Upacara adat tersebut dilakukan dalam rangka ungkapan syukur kepada Yang Maha Kuasa, dimana oleh penduduk setempat dikenal dengan sebutan "Hyang Widhi"

Upacara ritual di gunung Bromo ini juga biasa disebut dengan " Kasodoan " tersebut biasanya dilaksanakan pada malam ke-14 dibulan Kasada Kalender Hindu. Pada hari itu seluruh kegiatan masyarakat Tengger berhenti dan ikut melangsungkan perayaan tersebut bersama sanak keluarga dengan membawa berbagai macam sesaji untuk dipersembahkan kepada Dewa.

Namun dibalik itu semua, ada sebuah cerita yang menjadi latar belakang dari tradisi Kasodoan ini, dimana cerita tersebut berasal dari cerita sepasang suami istri yaitu Joko Seger dan Roro Anteng, dimana keduanya memiliki keinginan untuk mempunyai anak dengan memohon kepada Tuhan agar dikaruniai seorang anak. Akhirnya Tuhan pun mengabulkan permintaan itu, akan tetapi dengan satu syarat yaitu anak tersebut harus dilempar ke kawah Bromo sebagai bentuk pengabdian.

Kisah Joko Seger dan Roro Anteng juga merupakan sebuah legenda tentang asal usul masyarakat suku Tengger Bromo dimana penamaannya diambil dari nama kedua pasangan suami istri tersebut. "Teng" dari Roro Anteng, sedangkan "Ger" diambil dari Joko Seger.

Upacara Kasada seringkali diadakan bersamaan dengan pemilihan dan pelantikan dukun baru masyarakat suku Tengger dengan menggelar acara upacara ritual di Pura Luhur Poten, terletak di Lautan Pasir Bromo pada malam hari sebelum ritual lempar sesaji dilaksanakan.

Adapun keunikan dari upacara keagamaan itu adalah pada saat ritual pelemparan sesaji kedalam kawah Bromo. Dimana saat itu para warga saling berebutan sesaji yang dilemparkan dalam bentuk sayuran, hasil bumi, ayam, kambing atau hewan ternak dan lain sebagainya. Itulah yang selalu menjadi magnet wisatawan untuk datang sendiri menyaksikan keunikan dari pelaksanaan upacara masyarakat Tengger ini.

Jadwal Kasada Bromo 2017

Jadwal Upacara Kasada 2017 ini akan dilangsungkan pada pertengahan tahun 2017, dan diperkirakan diselenggarakan pada tanggal  9 - 10 Juli 2017 . Disarankan bagi anda untuk memesan paket jauh-jauh hari sebelumnya.

Bagi para fotografer acara tersebut merupakan suatu event yang sangat langka serta ditunggu-tunggu, maka sangat mubadzir jika anda tidak ikut serta dalam pelaksanaan upacara ini. ^_^ ... Sedangkan bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung perayaan upacara kasada 2017 bisa menghubungi kami atau melihat detail itinerary-nya di Paket Wisata Bromo Kasada 2017.

Paket melihat upacara Kasada diatas bisa juga dikombinasikan dengan paket wisata Bromo midnight atau paket wisata Bromo sunrise, atau bahkan paket wisata Bromo yang lain yang bisa disesuaikan dengan selera anda.

Demikian Informasi Jadwal Kasada Bromo 2017, semoga bermanfaat. Untuk harga dan pemesanan paket wisata Bromo lainnya silakan menghubungi kontak kami.

Jadwal Kasada Bromo 2017